Perjalanan ke Surabaya Lebih Cepat dengan Bus Trans Jawa, Intip Kelebihannya

0
37
Bus trans jawa sudah beroperasi
Bus trans jawa sudah beroperasi

Elahan.com, Bus trayek baru Jakarta-Surabaya atau yang dikenal dengan sebutan Bus Trans Jawa akhirnya sudah diresmikan pada bulan 27 Mei lalu. Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal Pulo gebang, Jakarta Timur.

Menhub melepaskan pengoperasian perdana bus angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) yang melintasi Tol Trans Jawa ini.

Sejauh ini sudah ada 34 bus dari tujuh perusahaan otobus yang terdaftar trayek Tol Trans Jawa ini. Mulai dari Lorena, Gunung Harta, Pahala Kencana, Kramajati, dan lainnya. Serta ada tambahan lima bus dari Damri yang juga ikut beroperasi. Bus Trans Jawa ini memiliki konsep mengantarkan penumpang yang berasal dari Jakarta hingga Surabaya namun tidak keluar dari jalan tol.

Jika penumpang yang berhenti selain di Surabaya, akan diberhentikan di rest area untuk saat ini. Menurut Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani menyebut nantinya akan ada feeder (pengumpan) dari perusahaan penyedia bus di tempat pemberhentian itu. Jadi penumpang yang turun sebelum sampai Surabaya akan diangkut ke daerah tujuan.

Waktu tempuh dari Jakarta ke Surabaya diperkirakan menghabiskan waktu 11 jam. Setiap harinya rute bus trayek Jakarta-Surabaya ini dimulai pukul 16.00 WIB dari terminal Surabaya atau terminal Bungurasih dan berhenti di terminal Pulo Gebang, Jakarta, sekitar pukul 03.00 WIB.

Trayek baru dalam angkutan darat ini semakin membuat bisnis angkutan semakin kompetitif. Terlebih dengan adanya perubahan harga penerbangan yang semakin mahal. Sehingga kualitas angkutan umum semakin diperbaiki demi menjaga keselamatan.

Salah satu bus Trans Jawa
Bus Trans Jawa

Adapun tarif sekali perjalanan dipatok lebih kurang sekitar Rp 300 ribu. Tetapi dari pihak pemerintah tidak mengatur urusan tarif yang dikenakan pada penumpang. Sebab bus yang lewat Trans Jawa adalah bus non ekonomi, sehingga para operator bus diminta untuk menghitung sendiri. Asal tidak melewati tarif kereta api, maka bus trayek Jakarta-Surabaya ini diprediksi bisa bersaing.

Pembelian tiket rencananya bisa dilakukan melalui sistem online atau lewat aplikasi. Bus trans jawa ini juga berangkat sesuai jadwal sebab tidak menggunakan sistem ngetem lama di terminal.

Dengan harga yang lebih murah, bus Jakarta-Surabaya ini diprediksi akan berkompetisi dengan moda kereta api sebab keduanya memiliki waktu tempuh yang sama. Tarif kereta api masih ada di kisaran Rp400.000 dan bisa mencapai lebih dari Rp 500.000 ketika waktu mudik.

Salah satu kru Bus Lorena Mohtar mengatakan bus nya sudah sejak Februari 2019 lalu melayani trayek Jakarta-Surabaya dengan melintasi Tol Jawa. Bahkan animonya disebut cukup lumayan. Paling banter, bus ini mengangkut penumpang ke Jakarta sebanyak 10 orang.

Hanya saja pihak bus mengeluhkan biaya untuk perngoperasian Bus Trans Jawa ini. Biaya untuk tol yang dikeluhkan cukup mahal. Untuk sekali operasi saja bahkan bisa menghabiskan Rp 700.000 hanya untuk tol dan belum termasuk solar serta biaya operasional kru bus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here