Perluasan Peraturan Ganjil Genap Ibu Kota Jakarta, Ini Pro & Kontra

0
42
peraturan ganjil genap jakarta
ganjil genap jakarta

elahan.com, Saat ini Jakarta sedang meneapkan peraturan perluasan rute ganjil genap bagi kendaraan bermotor. Jakarta memang sudah tak asing lagi dengan permasalahan macet yang tak kunjung usai. Istilah ‘padat merayap’ sering terdengar untuk menggambarkan keadaan ibu kota. Berbagai cara utuk mengatasi kemacetan telah dilakukan, seperti jalur 3 in 1, pembangunan fly over dan under pass, penggunaan kendaraan umum buss way, dan sebagainya. Namun hal itu belum juga menanggulangi kemacetan seacara total.

Beberapa tahun ini ada peraturan baru yang diberikan bagi para pengguna kendaraan bermotor yaitu ganjil genap. Saat itu telah tercatat beberapa rute yang mengaplikasikan peraturan tersebut. Peraturan itu sendiri adalah peraturan bagi plat nomor kendaraan yang berangka terakhir ganjil atau genap.

Saat ini peraturan itu telah diperluas untuk beberapa rute jalan ibu kota guna mengurangi tingkat kemacetan yang sangat parah. Selain itu pula mengingat Jakarta adalah salah satu tuan rumah event asian games 2018. Pemerintah Provinsi Jakarta telah resmi menetapkan ini sejak 2 Agustus 2018 kemarin. Peraturan ini diberlakukan setiap hari (senin – minggu) pada pukul 06.00 – 21.00 WIB. Maka pada tanggal ganjil hanya kendaran yang berplat nomor akhiran ganjil yang dapat melalui dan begitu pula sebaliknya pada tanggal genap.

Namun peraturan ini tidak diberlakukan bagi kendaraan Presiden & Wakil Presiden RI, kendaraan Dinas , angkutan umum dan motor.

Tentunya peraturan yang dibuat akan selalu menimbulkan pro dan kontra pada masyarakat. Seperti, peraturan ganjil genap yang sudah berjalan selama lima hari ini memang mengurangi angka kemacetan sekitar 15%, selain itu membuat angkutan umum lebih digunakan. Untuk kendaraan yang tidak bisa melewati rute –  rute yang ditentukan sebenarnya telah tersedia jalur alternatif yang tetap bisa dilewati dan juga saat ini aplikasi google maps dan waze sudah dapat membantu perjalanan yang dituju tanpa terkena pelanggaran. Hal itu karena pengguna aplikasi dapat menentukan plat nomor kendaraan yang digunakannya, sehingga maps dan waze akan menunjukan arah yang sesuai dan dibutuhkan.

Kontra yang terjadi adalah rasa tidak terima masyarakat pada peraturan baru yang ada. Mereka merasa telah membayar pajak sebagai kewajibannya, namun hak nya tidak di dapat sepenuhnya oleh mereka. Menanggapi hal ini pemerintah tidak ambil pusing dan tak menghiraukannya. Peraturan ganjil genap tetap berjalan hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here