Peserta Lolos Tes SKD CPNS 2019 Akan Dipilih Lanjut ke Tes SKB

0
5
CPNS
Peserta Lolos Tes SKD CPNS 2019 Akan Dipilih Lanjut ke Tes SKB

elahan.com, Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 masih sedang melangsungkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Peserta yang lolos pada tahap SKD ini nantinya akan lanjut ke tes Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. Namun, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan informasikan bahwa tidak semua peserta SKD yang melampaui nilai ambang batas (passing grade) bisa lanjut mengikuti SKB.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono menerangkan bahwa perhitungan jumlah kursi tes SKB sebanyak tiga kali dari jumlah kuota yang tersedia pada satu formasi. Menurut Prayono, nilai peserta SKD yang lulus nilai ambang batas (passing grade) akan lebih dulu diolah. Hal itu karena satu formasi tidak hanya dilamar oleh peserta dari satu titik lokasi saja, namun harus digabungkan dengan hasil SKD pelamar dari berbagai titik lokasi.

“Misalnya formasi¬†CPNS¬†analis kepegawaian di BKN, formasi 3 sedangkan pelamar yang mendaftar di formasi tersebut yang lolos passing grade ada 15 orang. Maka akan diambil 3 x 3 = 9 orang yang memiliki nilai terbaik dari 15 org yang lolos passing grade,” jelasnya.

Tahap pengolahan data kemudian dilanjutkan dengan tahap rekonsiliasi data hasil SKD yang melibatkan instansi penyelenggara SKD dan BKN. “Hasil rekonsiliasi tersebut akan diajukan kepada Kepala BKN untuk mendapat approval dan digital signature yang dilakukan by system pada portal SSCASN,” ujar Paryono.

Lebih lanjut, Paryono menyampaikan bahwa hasil SKD seluruh peserta seleksi akan disampaikan Kepala BKN kepada PPK masing-masing instansi melalui portal SSCASN dan admin instansi dapat mengunduh hasil SKD tersebut.

Bagi para peserta yang tidak berhasil atau tidak lolos bisa mencoba lagi di kesempatan selanjutnya yaitu CPNS 2020. Saat dikonfirmasi terkait informasi adanya CPNS pada 2020, Paryono tak menampik adanya kemungkinan pembukaan. Ia juga mengatakan, pembukaan CPNS 2020 kemungkinan akan digelar dalam beberapa waktu ke depan.

“Bulan September tahun ini (mungkin akan dibuka untuk CPNS 2020),” kata Prayono.

Namun hal tersebut belum pasti adanya dan masih harus dikaji secara mendalam. Mengenai formasi yang akan dibuka Prayono juga belum bisa menjelaskan karena belum mengetahui secara pasti. “Belum ada Permenpan-RB yang mengatur mengenai jumlah formasi dan rincian formasi yang akan diterima,” papar dia.

Sementara itu, hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian. Menurut Andi, Kemenpan-RB masih fokus menyelesaikan pengadaan atau penerimaan CPNS 2019 yang baru memasuki fase SKD dan dilanjutkan tes SKB.

Arief mengatakan bahwa kemungkinan CPNS 2020 akan dibuka untuk mengisi kekosongan menggantikan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah pensiun. Formasi rekrutmen akan diisi oleh instansi-instansi yang belum ikut di tahun 2019 seperti Kemenpar dan Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here