Peserta Program Mudik Gratis Lebaran 2019 Sudah Mulai Diberangkatkan

0
36
Program mudik gratis lebaran 2019
Program mudik gratis lebaran 2019 mulai diberangkatkan

elahan.com, Pemerintah Kota Bekasi mengadakan mudik gratis lebaran 2019 bagi masyarakat yang ingin pulang kampung seperti tradisi setiap tahunnya. Kali ini Pemkot Bekasi bekerja sama dengan Dishub Jawa Barat serta Kemenhub RI. Kuota mudik gratis ini memang selalu jadi yang ditunggu para pemudik. Terbukti kuota yang disediakan untuk total 5000 pemudik sudah ludes.

Pendaftaran program mudik gratis lebaran 2019 dari pemkot Bekasi ini sudah dilakukan sejak Maret hingga April dan pendaftaran ulang pada 20-25 Mei 2019 lalu. Pemudik ini akan diberangkatkan ke beberapa kota tujuan yakni, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Semarang, Solo, Tegal, Yogyakarta,  Brebes, Madiun, Ngawi, dan Surabaya.

Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bekasi Ikhwanudin mengatakan program  mudik gratis ini menyediakan 120 bus dengan rincian 80 bus dari Kemenhub dan 40 bus dari Dishub Jabar. Keberangkatan pemudik program mudik gratis ini akan diberangkatkan pada Sabtu, 1 Juni nanti yang dibagi menjadi dua kali keberangkatan, 80 bus pagi dan 40 bus di sore hari. Titik keberangkatan yang ditentukan adalah di Summarecon Mall Bekasi.

Karena keberangkatan H-5 membuat masyarakat antusias bahkan ada nama-nama yang masuk waiting list. Bahkan yang mengikuti program ini tercatat di luar kota Bekasi. Persiapan dari pemerintah Bekasi pun juga sudah siap. Tinggal menunggu hari keberangkatan saja.

Penyelenggaraan program mudik gratis lebaran 2019 juga digelar oleh PT Pertamina (Persero). Tahun ini Pertamina memberangkatkan 11 ribu pemudik menuju kampung halaman. Artinya meningkat 36 persen dari tahun sebelumnya yang hanya menyediakan kuota 8.072 orang.

Ini merupakan tahun ke-14 Pertamina menggelar program mudik gratis bagi masyarakat dengan peserta yang terus meningkat setiap tahunnya. Kemarin, Rabu, 29 Mei, Pertamina sudah mulai memberangkatkan 5000 pemudik dari titik keberangkatan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  dengan 79 bus yang akan mengantarkan ke berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Keberangkatan dari Jakarta ini menuju 12 kota tujuan yakni Kudus, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, Kuningan, Wonosobo, Prabumulih, Purworejo, Mojokerto, dan Palembang. Tidak hanya dari Jakarta, Pertamina juga mengantarkan pemudik dari Pekanbaru ke Kota Padang sebanyak 5 bus yang mengangkut 200 pemudik.

Program mudik gratis lebaran 2019
Program mudik gratis lebaran 2019

Selain ranportasi darat, Pertamina juga memberangkatkan pemudik dengan tranportasi laut. Tidak hanya dari Makassar, tetapi ditambah dari Jakarta dan Surabaya. Total ada 8 rute ke lima kota tujuan, yaitu Makassar, Ambon, Surabaya, Bau Bau, dan Sampit dengan total jumlah pemudik mencapai 6.300 orang.

Semua peserta mudik dari Jakarta dan Pekanbaru ini diberikan asuransi dari Asuransi Tugu Pratama Indonesia, anak perusahaan Pertamina. Sedangkan asuransi untuk pemudik menggunakan transportasi laut sudah termasuk ke dalam tiket sehingga tidak diberikan asuransi tambahan lagi.

Pemudik dari program mudik Bareng BUMN sudah memberangkatkan 1.328 dengan transportasi kereta api pada Senin, 28 Mei dari Stasiun Senen, Jakarta. Program mudik gratis lebaran 2019 dari BUMN ini sudah dilakukan yang keempat kalinya yang diikuti oleh 11 BUMN seperti BRI, Jamkrindo, Telkom, dan sebagainya.

Program mudik gratis lebaran 2019 ini diselenggarakan untuk mengurangi beban pengeluaran selama lebaran dan membantu peningkatan perekonomian daerah. Diperkirakan pemudik bisa menghemat hingga Rp 2 juta yang bisa digunakan untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Program ini bisa diikuti oleh 4 orang dalam 1 KK. Ada dua kereta yang digunakan oleh BUMN untuk mengangkut pemudik, yaitu Kereta Api Jayabaya tujuan akhir Pasar Turi Surabaya dan kereta Jayakarta Premium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here