Pilpres 2019, Jokowi-Maruf Luncurkan Rekening Sumbangan

0
32
pilpres 2019
Pilpres 2019, Jokowi-Ma'ruf mendapat nomor urut 01.

elahan.com, Pada pilpres 2019, tim sukses kampanye Jokowi-Ma’ruf meminta sumbangan dana kampanye dengan meluncurkan nomor rekening.

Pasangan ini akan mematikan setiap dana yang masuk bersih dan tidak bermasalah dengan hukum.

Wakil Bendahara TKN Jokowi-Ma’ruf, Rerie Lestari Moerdijat, menyediakan formulir sumbangan yang nantinya penyumbang bisa dilacak.

“Pengirim bisa di kenal, jika dana tidak jelas maka akan dikembalikan,” kata Rerie (16/10/2018).

Pilpres 2014 tim sukses Jokowi juga melakukan hal serupa. Kala itu pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pernah mengembalikan dana Rp 6 miliar karena tidak jelas asal usul uang tersebut.

“Pernah mendapatkan dana Rp 6 miliar, namun kita masukkan ke kas negara. Karena tidak tau siapa pengirimnya,” ungkap Rerie.

Timses pasangan nomor urut 01 akan mendonasikan uang tersebut bila penyumbang dikemudian hari memiliki masalah.

Bagi masyarakat yang berniat menyumbang untuk kesuksesan kampanye Jokowi-Ma’ruf melalui nomor rekening 0230 0100 3819 302 BRI cabang Cut Mutiah, Menteng, atas nama TKN Joko Widodo Maruf Amin.

Dana tersebut nantinya akan dikelola sesuai dengan peraturan KPU, dengan peraturan maksimal Rp 25 miliar.

Pihak Jokowi-Ma’ruf juga akan mengumumkan jumlah dana secara periodik. Dana tersebut akan dipergunakan untuk manajemen kampanye, alat peraga kampanye dan komunikasi politik melalui media.

“Dengan dana ini disampaikan ke ranah publik, membuktikan bahwa pasangan ini lahir dari kepemimpinan rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat,” tutur Bendahara TKN Jokowi-Ma’ruf, Wahyu Sakti.

Tim sukses mengaku tidak terlalu memanfaatkan dana dari 9 partai pengusung.

“Parpol bersifat memperjuangkan. Artinya tidak menggunakan dana mandiri dari partai untuk memenangkan pasangan ini,” tutur Wahyu kembali.

Sejauh ini, dana yang telah di kumpulkan dari pihak penyumbang berasal dari perusahaan yang mempunyai hubungan baik dengan pasangan nomor urut 01.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan, dengan membuka dana ke ranah publik, membuat kinerja tim menjadi terstruktur, lebih manajemen dan tidak ugal-ugalan nantinya.

“Dengan seperti ini yang ingin dibangun adalah budaya tertib, tranparansi, akuntabilitas, dan kehati-hatian,” kata Hasto.

Ia menjelaskan, nomor rekening yang diluncurkan pada pilpres 2019 segera disosialisasikan dan di jalankan. Sehingga, dana yang masuk menjadi jelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here