Pilpres 2019, Jusuf Kalla Berlawanan Sikap dengan Kubu Joko Widodo

0
109
Hadapi Pilpres 2019, Jusuf Kalla Berlawanan dengan Kubu Joko Widodo
Hadapi Pilpres 2019, Jusuf Kalla Berlawanan dengan Kubu Joko Widodo

Elahan.com – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla  terlihat mempunyai pandangan yang bertolak belakang dengan kubu Joko Widodo – Ma’ruf Amin dalam menghadapi beberapa isu di Pilpres 2019.

Sementara itu, di dalam struktur Tim Kampanye Nasional (TKN), Jusuf Kalla adalah ketua dewan pengarah paslon capres dan cawapres nomor urut 01 ini.

Seperti yang dilansir merdeka.com, Selasa 14 Januari 2019, terdapat tiga isu yang menyuguhkan sikap Wapres berada pada tempat yang bersebrangan dengan koalisi Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Pertama, Tim Koalisi Joko Widodo – Ma’ruf Amin ingin supaya pemaparan visi dan tujuan capres dan cawapres patut dilakukan oleh tim sukses saja. Tidak langsung dikatakan oleh si capres dan cawapresnya.

Paham ini bertolak belakang disampaikan oleh Wapres JK. Berdasarkan keterangan beliau, visi misi mesti dijabarkan langsung oleh capres dan cawapres. Hal tersebut justru seiring dengan kemauan kubu Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Akan tetapi perdebatan selesai setelah KPU dan kubu Jokowi serta Prabowo sepakat jadwal deskripsi visi dan tujuan 9 Januari dibatalkan. Pemaparan visi dan misi di berikan ke setiap kubu, KPU tidak memfasilitasi.

Kedua, Tim Joko Widodo tak menampik mendapatkan bocoran debat perdana yang akan dilangsungkan 17 Januari nanti. Intinya, kubu Jokowi ikut aturan main yang diputuskan oleh KPU. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasioanl (TKN), Hasto Kristiyanto.

Namun JK menimbang tak tepat debat capres diserahkan bocoran. Sebab, debat dapat menjadi tak murni.

Ketiga, Joko Widodo menghadiri pernyataan dukungan lulusan UI dan beberapa perguruan tinggi negeri di GBK pada Sabt, 12 Januari 2019 lalu. Jokowi mendapatkan ribuan sokongan dari lulusan perguruan tinggi yang hadir saat itu.

Rupanya Jusuf Kalla tak setuju bilamana membawa almamater dalam sokongan politik. ia meminta organisasi lulusan universitas tidak terlampau jauh menyeret nama kampus jelang Pilpres 2019.

Jusuf Kalla menyebut deklarasi lulusan UI dan sejumlah lulusan perguruan tinggi negeri untuk paslon Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Sebelumnya, sejumlah lulusan UI pun menyatakan sokongan untuk paslon nomor 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here