Presiden Jokowi Dihadang Massa Saat Masuk Istana

0
69
Mobil Dinas Presiden Jokowi 'dihadanng' massa
Mobil Dinas Presiden Jokowi 'dihadang' massa (istimewa)

elahan.com – Sejumlah massa ‘menghadang’ mobil Presiden Jokowi saat hendak masuk ke Istana Merdeka. Bahkan, seorang ibu-ibu sempat berhasil menerobos ke mobil dan bersalaman dengan Presiden Republik Indonesia tersebut.

Kapolres jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan membantah jika kejadian itu disebut penghadangan. Hal itu juga dikarenakan adanya ibu-ibu yang berusaha mendekati untuk bersalaman dengan Presiden.

“Nggak ada (penghadangan). Karena beliau melihat sekelompok masyarakat, karena beliau berbaik hati sambangi (kelompok masyarakat). Yang datang ada ibu-ibu salami Bapak Presiden,” kata Harry kepada media saat di depan Istana Merdeka, Rabu (13/2/2019).

Menurut penjelasan Harry, sebelum Presiden Joko Widodo tiba di lokasi, ada dua kelompok massa yang sedang demo. Dua kelompok masaa tersebut adalah karyawan Freeport dan Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SP-AMT).

Sebelum kejadian ‘penghadangan’ tersebut, dia mengatakan Pak Presiden sudah melihat masyarakat yang sedang demo. Melihat ada seorang ibu-ibu datang mendekati mobilnya, beliau langsung menyalami ibu-ibu itu.

“Biasa kan presiden dicintai, dan berhenti langsung menyalami,” kata Harry.

“Tadi beliau keluar karena lihat masyarakat. Seperti biasanya kan lambaikan tangan dan Bapak Presiden seperti bisa memberi sambutan hangat,” sambung Harry.

Dalam kejadian tersebut, Polda Metro Jaya mengamankan 40 orang massa dari pegawai Freeport. Mereka diamankan bukan karena melakukan ‘penghadangan’ terhadapi Jokowi. Namun karena melakukan demo yang melewati batas yang ditentukan dalam Undang-Undang.

“Kita sudah berikan batas toleransi pada 21.45 WIB, dan kami laksanankan tindakan tegas membawa mereka ke markas Polda,” ucap Harry.

Pihak kepolisian juga menyatakan tidak ada kerusuhan pada kegiatan demo tersebut. Kepolisian membubarkan massa pendemo karena telah melewati batas yang sudah ditentukan.

“jadi dari tadi pagi memang tahapan sudah kami lakukan. Ada dua kelompok massa yang melakukan aksi di sini sekitar pukul 12 siang. Memang ada dua kelompok massa yang sebelumnya, kelompok satu lagi sudah diterima oleh Bapak Presiden. Kami himbau setelah diterima oleh Pak Presiden, kebaikan hati Pak Presiden Joko Widodo untuk ditemui masyarakat,” pungkas Harry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here