Profil Jokowi dan Cawapresnya, Petahana di Pilpres 2019

0
68
Elahan.com, Profil Jokowi dan Ma'ruf Amin Pasangan Presiden
Profil Jokowi dan Ma'ruf Amin

Elahan.com, Pilpres 2019 sebentar lagi, berikut ini profil Jokowi dan cawapresnya sebagai inkumben dalam pertarungan pilpres tersebut. Meski sudah menjadi Presiden dan sebentar lagi menuntaskan masa baktinya agaknya masih banyak yang belum mengetahui secara persis latar belakang Jokowi dan wakilnya.

Profil Jokowi

Profil Jokowi
Jokowi

Tempat, tanggal Lahir: Surakarta, 21 Juni 1961

Pendidikan Terakhir: Fakultas Kehutanan Universitas Gadja Mada

Karier: – Bekerja di PT Kertas Kraft Aceh (BUMN) pada 1985

Bekerja di CV Roda Jati

– Mendirikan CV Rakabu

– Walikota Surakarta

– Gubernur Daerah Khusus Istimewa Jakarta

– Presiden Republik Indonesia 2014-2019

Jokowi lahir dengan nama asli Joko Widodo menjadi Presiden Republik Indonesia setelah terpilih dalam Pemilihan Presiden 2014. Ia berdampingan dengan Jusuf Kalla yang kembali menjadi Wakil Presiden. Sebelumnya, Kalla sudah pernah menjabat menjadi Wakil Presiden pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Program pasangan Jokowi dan JK yang diusung saat itu dikenal dengan nama “Revolusi Mental,” jargon ini pula yang sering didengungkannya setiap kesempatan masa kampanye.

Jokowi mengawali karier politiknya dengan terjun ke Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2005 untuk Walikota Surakarta. Dirinya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P dan Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB. Di bawah kepemimpinannya, ia dinilai mampu memberikan beberapa perubahan seperti merelokasi pasar tanpa ada pengusuran yang umumnya disertai kekerasan.

Dinilai sukses selama menjadi walikota Solo, Jokowi maju dalam pemilihan Gubernur Jakarta pada 2012 bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Jokowi pun melangkah mulus menjadi Gubernur Jakarta bersama wakilnya Ahok. Popularitasnya semakin meningkat terutama dengan aksi-aksi “blusukan” yang sering ia lakukan.

Pada tahun 2014, Jokowi maju mencalonkan diri sebagai calon Presiden. Dalam Pemilihan Presiden itu ia mengungguli pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Jokowi pun kembali mencalonkan dirinya pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Ia memilih berpasangan dengan Ma’ruf Amin. Berikut ini profil dari Cawapresnya tersebut.

Profil Ma’ruf Amin

Profil Ma'ruf Amin
Ma’ruf Amin

Tempat, Tanggal Lahir: Tanggerang, 11 Maret 1943

Pendidikan Terakhir: Universitas Ibnu Khaldun, Bogor

Karier: – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia 2010-2014)

– Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta PPP DPRD DKI Jakarta

– Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta DPRD DKI Jakarta

– Anggota Koordinator Dakwah (KODI) DKI Jakarta Koordinator Dakwah (KODI) DKI Jakarta

– Anggota BAZIS DKI Jakarta BAZIS DKI Jakarta

– Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Penggurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)

– Penasehat Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM-PBNU) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM-PBNU)

– Ra’Is ‘Aam PBNU 2015-2020 PBNU (2015-2020)

Ma’ruf Amin menjadi ketua umum Majelis Ulama Indonesia periode 2015-2020. Ia juga sat ini masih menjabat sebagai Rais Aam Syuriyah di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU. Namanya dikenal besar selain sebagai seorang pendakwah dan juga ualama yang menguasai fiqih, ia juga malang melintang dalam organisasi islam.

Ia lahir di Tanggerang dan menjalani Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah di sana kemudian melanjutkan ke Pesantren Tebu Irang di Jombang, Jawa Timur. Terlibat di pesantren, persinggungannya dengan salah satu ormas Islam terbesar Indonesia pun terjalin. Ia menjadi Ketua NU Cabang Tanjung Priok pada 1966-1970 sampai menjadi wakil ketua NU DKI Jakarta pada 1968-1976. Sampai ia tiba di tingkat pusat pada 1989-1995 saat menjadi katib am syuriah PBNU. Ia puncaknya menjadi Rais Aam PBNU 1994-1998 dan 2004-sekarang.

Ma’ruf pun juga menjadi politikus yang pernah menjabat sebagai Anggota DPRD DKI Jakarta. Ia terilih dari Partai Kebangkitan Bangsa. Ia pernah menjadi Dewan Pertimbangan Presiden selama dua periode berturut.

Pada 9 Agustus 2018 lalu nama Ma’ruf pun ditunjuk oleh Jokowi untuk mendampinginya dalam Pilpres 2019 mendatang.

Itulah dia profil Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai salah satu pasangan dalam Pilpres 2009 mendatang. Pasangan penantangnya adalah Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here