PSBB Cukup Efektif Menekan Penyebaran Virus Corona

0
17
PSBB
PSBB Cukup Efektif Menekan Penyebaran Virus Corona

elahan.com, Menekan penyebaran virus corona di Indonesia, Pemerintah mengambil langkah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah. Pakar Epidemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan, pembatasan sosial berskala besar yang dilaksanakan secara maksimal oleh pemerintah dan masyarakat cukup efektif menekan penyebaran Covid-19.

Ia mengacu pada pelaksanaan PSBB di wilayah DKI Jakarta yang telah dilaksanakan sejak 10 April lalu. Saat ini, hampir 60 persen warga di wilayah DKI Jakarta lebih banyak beraktivitas di rumah.

“Dan ketika 60 persen itu langsung landai dan turun cepat,” ujar Pandu dalam sebuah diskusi virtual di Jakarta, Minggu (3/5/2020).

“Itu pengalaman empiris, pengalaman Indonesia walaupun hanya di Jakarta, bahwa PSBB ini berdampak,” tambahnya.

Pandu mengaku bahwa ia telah berkomunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar penerapan PSBB ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan hingga 70-80 persen. Sehingga, kurva penyebaran kian semakin melandai dan masyarakat dapat segera terbebas dari virus corona. Di sisi lain, menurut Pandu Riono, masih ada daerah yang belum maksimal dalam menerapkan PSBB. Sehingga, tidak sedikit masyarakat yang masih terlihat beraktivitas di luar rumah.

Berdasarkan hasil pemodelan terbaru yang dibuat, rata-rata masyarakat yang tetap di rumah selama pelaksanaan PSBB secara nasional masih sekitar 50 persen. Namun, wilayah seperti Jawa Tengah, justru tingkat kepatuhan masyarakat untuk tetap di rumah masih di bawah 40 persen. Sementara, Jawa Timur saat ini sudah mulai mencapai rata-rata persentase nasional.

“Kita harapkan mereka meningkatkan 10 persen saja. Jatim dan Jabar sudah mulai sampai 60 persen efeknya seperti DKI itu akan terjadi di beberapa wilayah lainnya,” kata dia.

Berdasarkan berita yang dikutip dari tempo.co, Pandu Riono juga menyarankan penerapan pembatasan sosial berbasis komunitas dalam menangani wabah Covid-19. “Komunitas bisa inisiatif untuk mengingatkan,” kata Pandu dalam diskusi di akun Youtube Medcom ID, Ahad, 3 Mei 2020.

Pandu mengatakan, pembatasan sosial berbasis komunitas seperti PSBB dalam segi mikro. Konsep tersebut sejalan dengan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa komunitas merupakan garda terdepan dalam mendeteksi dan mengingatkan masyarakat untuk menghadapi wabah pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here