Punya Desain Unik, Berikut 8 Masjid Ridwan Kamil

0
18
Masjid Ridwan Kamil di Bekasi
Masjid Al-azhar adalah salah satu Masjid Ridwan Kamil

elahan.com, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang dikenal sebagai arsitek yang sudah merancang banyak bangunan di Indonesia juga di luar negeri. Masjid menjadi salah satu bangunan yang sering dirancangnya. Tak jarang bangunan tempat ibadah itu disebut masjid Ridwan Kamil.

Masjid karya Ridwan Kami berbeda dari kebanyakan masjid yang sudah ada. Nilai artistik yang tinggi membuat semua karyanya dikenal masyarakat luas. Setidaknya ada delapan masjid karya Ridwan Kamil yang punya desain unik.

1. Masjid Al Irsyad

Masjid ini berlokasi di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jabar. Masjid Al Irsyad selesai dibangun tahun 2010 dengan desain yang unik berbentuk kubus besar dengan garis-garis hitam di dinding bagian luar.

Tak hanya bagian luar, bagian interior pun tak kalah mewah dan menuai decak kagum. Tempat salat sengaja tidak dibatasi dinding sehingga langsung menghadapt ke lanskap pemandangan yang indah. Berkat desain ini, Ridwan Kamil mendapat penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia Awards di tahun 2018 lalu.

2. Masjid Al Safar

Masjid Ridwan Kamil
Masjid Al-Safar, salah satu Masjid Ridwan Kamil

Masjid ini sempat menjadi perbincangan karena dianggap memiliki simbol illuminati karena desainnya berupa segitiga. Masjid lain karya Gubernur Jawa Barat ini dibagung tahun 2010 di kawasan Rest Area Tol Cipularang KM 88.

Ternyata, masjid ini masuk dalam nominasi Abdullatif Al Fozan Awards 2019 dari Arab Saudi dalam nominasi arsitektur terbaik. Meskipun sudah dijelaskan RK bahwa bentuk masjid yang dia bangun bersama Urbane Indonesia itu ialah trapesium. Ini juga sekaligus memperlihatkan kuatnya bidang geometri dalam estetika arsitektur Islam.

3. Masjid Raya Al-azhar Bekasi

Desain masjid tanpa kubah karya Ridwan Kamil lainnya adalah Masjid Raya Al-azhar Summarecon Bekasi. Masjid yang memiliki daya tampung hingga 1.500 orang itu berbentuk kubus seperti Ka’bah.

Masjid ini punya banyak lubang ventilasi meskipun tidak ada jendela, serta terdapat satu kolam air. Di bagian arah kiblat, juga dibuat ruang terbuka yang menghadap ke arah luar masjid.

4. Masjid Baiturrahman Merapi

Sepeprti yang disebutkan, masjid karya lulusan ITB dan Berkeley University itu juga ada di Jawa Tengah, persisnya di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Yogyakarta.

Masjid ini adalah proyek CSR yang punya desain yang unik khas Ridwan Kamil. Material yang digunakan juga terbilang unik, batu bata yang dipakai adalah dari abu vulkanik Gunung Merapi.

5. Masjid Jami’ Darussalam

Masjid Ridwan Kamil di Jakarta
Masjid Jamie Darussalam adalah salah satu masjid Ridwan Kamil

Proyek pembangunan Masjid Jamie Darussalam ini dimulai tahun 2012. Masjid mungil nan indah ini terletak di Jalan Kotabumi Ujung, Kebon Melati, Jakarta Pusat ini berbentuk segitiga. Kemudian masjid diresmikan tahun 2015.

6. Masjid Asmaul Husna 99 Kubah

Masjid yang juga dikenal dengan Masjid 99 kubah ini merupakan bangunan megah yang indah di Kota Makassar. Jumlah kubah yang ada terinspirasi dari jumlah Asmaul Husna yang berjumlah 99. Pembangunan masjid ini cukup memakan biaya yang banyak, sekitar Rp 160 miliar.

7. Masjid Al Jabbar

Masjid Ridwan Kamil di Bandung
Masjid Al Jabbar adalah salah satu Masjid Ridwan Kamil

Masjid megah karya RK lainnya adalah Masjid Terapung Al Jabbar yang berlokasi di kawasan Gedebage, Bandung. Sesuai namanya, masjid ini dikelilingi oleh danau dengan luas masjid 21 hektare. Masjid ini diyakini akan jadi ikon baru Bandung. Masjid ini baru akan diresmikan pada 2020 mendatang.

8. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid Ridwan Kamil lainnya ada di Serpong, Tangerang. Masjid Raya Asmaul Husna terlihat begitu mencolok, terlebih karena warna dinding yang hijau. Dinding masjid dihiasi ornamen kaligrafi 99 nama Allah. Kubahnya berbentuk lengkungan tipis serta bagian menara berbentuk bambu runcing yang dihiasi bintang dan bulan sabit. Unik sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here