Respons Anies Baswedan Atas Gerhana Bulan

0
44
Elahan.com, Respons Anies Baswedan atas Gerhana Bulan
Anies Baswedan Tanggapi Gerhana Bulan di Jakarta

Elahan.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan Dinas Pariwisata DKI untuk membuka tujuh tempat wisata malam secara gratis. Hal ini dilakukan untuk menyambut gerhana bulan total yang akan berlangsung pada 31 Januari 2018.

Tujuh tempat yang diminta untuk dibuka untuk umum itu adalah Planetarium di Taman Ismail Marzuki (TIM), Tugu Monumen Nasional (Monas), Setu Babakan, Taman Fatahillah, Kepulauan Seribu, Taman Impian Jaya Ancol, dan Anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah.

“Di sana saya minta seluruh fasilitas-fasilitas untuk pariwisata dibuka,” kata Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Selasa, 30 Januari 2018.

Anies menyebut ia telah mengantisipasi kehebohan gerhana bulan total yang akan tejadi lewat surat instruksi yang diberikan pada tiga dinas terkait sejak sepekan lalu. Anies berpesan pada Dinas Pendidikan DKI agar seluruh guru di DKI Jakarta dapat memanfaatkan fenomena gerhana bulan ini sebagai bahan pelajaran bagi para siswanya.

“Bukan hanya tentang perbintangannya, tapi juga fenomena alam yang mengiringinya,” kata Anies Baswedan.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, fenomena gerhana bulan yang akan datang merupakan peristiwa yang sangat langka. Ini hanya terjadi 100 tahun sekali dan dijuluki super blue blood moon.

Menjadi langka karena gerhana bulan total terjadi pada saat supermoon dan bluemoon (bulan purnama kedua dalam 1 bulan). “Ini fenomena alam biasa namun sangat langka. Kejadiannya seratus tahun lebih, bahkan yang terakhir, mungkin 150 tahun yang lalu,” kata Dwikorita dalam keterangan pers di Kantor BMKG, Senin 29 Januari 2018.

Sementara itu beberapa dinas sudah memberi tanggapan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati mengatakan telah menindaklanjuti instruksi Gubernur terkait dengan gerhana bulan. Tinia menyebut dinasnya akan menyiapkan enam lokasi agar masyarakat dapat melihat gerhana bulan.

Enam lokasi itu adalah Planetarium, Taman Ismail Marzuki; area Monas; perkampungan Betawi, Setu Babakan; Taman Fatahillah; Kepulauan Seribu; dan Taman Mini Indonesia Indah. Sementara itu belum diketahui area Taman Impian Jaya Ancol yang juga diperintahkan oleh Anies untuk dibuka.

Anies Baswedan juga meminta Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual untuk menyebar edaran ke masjid-masjid tentang informasi gerhana bulan disertai ajakan menunaikan salat gerhana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here