Rest Area Pendopo 456 Tol Trans Jawa Sudah Mulai Dibangun

0
90
Rencana pembangunan rest area Pendopo 456 di tol trans jawa
Rencana pembangunan rest area Pendopo 456 di tol trans jawa (istimewa)

elahan.com – Pembangunan rest area atau tempat peristirahatan di KM 456 Tol Trans Jawa sudah mulai dibangun. Tempat istirahat tersebut akan berbeda dengan yang sudah ada saat ini.

Tempat istirahat ini diberi nama Resat Pendopo 456. Berbeda dengan rest area pada biasanya karena memiliki konsep bangunan rumah adat tradisional Jawa, yaitu Joglo.

Pembangunan rest aera ini dilakukan oleh konsorsium Astra Group, Jasa Marga Property dan SPJT dan diharapakan bisa bekerja sama dengan UMKM.

Direktur Astra International, Bambang Widjanarko Santoso menceritakan bagaimana awalnya pembangunan tempat istirahat tersebut direncanakan. Pihaknya telah mempresentasikan rencana pembangunan konsep tempat istirahat kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Sebenarnya sesuai perintah Pak Ganjar untuk dilakukan groundbreaking. Setelah melihat video ini langsung setuju dan langsung jalan kita belum ketemu siapa yang kerjain jalan dulu,” ucap Bambang.

Pembangunan tempat istirahat di Tol Trans Jawa KM 456 ini terinspirasi dari lima gunung yang menjadi ikon Jawa Tengah, antara lain Merbabu, Merapi, Sindoro, Ungaran dan Sumbing.

“Dibangun dengan idealismenya keindahan lima gunung yang menjadi ikon Jawa Tengah,” ucapnya.

“Pertama kalinya di Indonesia menghubungkan A dan B menjadi satu kesatuan didesai dengan gaya Jawa Tengah,” tambahnya.

Dia mengatakan pihaknya menginginkan UMKM yang nantinya hadir di Resta Pendopo 456 merupakan yang terpilih. Sehingga nantinya tidak akan ada lagi UMKM yang lapaknya terlihat kumuh.

“Nanti yang ada di sini akan kita kurator betul-betul dengan desain terbaik. Kita desain yang terbaik kurasi dan hasilnya bisa kita sebarkan ke rest area yang lain,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono yang mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pengapresiasi pembangunan rest area tersebut.

“Keren dan bisa swafoto juga. Dengan penataan UMKM bagus rest area pendopo atap Joglo itu Jawa Tengah banget,” kata Sri Puryono.

Dirinya juga berharap 70% area komersial nantinya bisa diisi UMKM yang menjual produk-produk khas Jawa Tengah. Nuansa Resta Pendopo 456 juga diharapkan bisa menampilkan suasana yang khas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here