Ridwan Kamil Beri Jawaban Soal Cuitannya Disebut Hoax

0
79
Meme Hoax Ridwan Kamil (istimewa)
Meme Hoax Ridwan Kamil (istimewa)

elahan.com – Baru-baru ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat penyataan melalui akun Twitternya terkait perencanaan pembangunan Tol Cigatas Cileunyi-Garut-Tasik.

Dalam cuitannya tersebut, orang yang dikenal dengan sebutan Kang Emil ini mengatakan baha pelaksanaan pembangunan Tol Cigatas akan dimulai pada tahun 2019. Selain itu, Kang Emil juga menyebut Tol Cigatas tersebut adalah hadiah untuk warga Garut dan Tasikmalaya.

“MACET BANDUNG-GARUT dan BANDUNG-TASIKMALAYA akan diselesaikan melalui proyek Jalan Tol CIGATAS (Cileunyi-Garut-Tasik), yg pencanangannya diumumkan Presiden Jokowi kemarin di Cibatu Garut. Hadiah utk warga Garut & Tasikmalaya. Pelaksanaannya Insya Allah tahun 2019 ini. #JabarJuara” tulis Ridwan Kamil di Twitter pribadinya, Sabtu (19/1/2019).

Cuitan Kang Emil tersebut mendapat komentar dari mantan Wakil Bupati Garut, Dicky Chandra lewat Twitter. Dicky mengatakan proyek tol tersebut sudah ada sejak dia menjabat pada tahun 2009-2011 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Proyek ini sudah lama direncanakan sejak saya masih menjabat di era pa @SBYudhoyono gub @aheryawan kepala bapedaprovnya prof deni. Saat senang dan meminta agar mengantisipasi sektor ekonomi limbangan kersamanah yg nantinya tidak lagi jadi jalur lintas.sip” tulis Dicky.

Balasan Dicky Candra tersebut menjadi ramai diperbincangkan di media sosial. Sampai muncul meme yang membandingkan cuitan Kang Emil adalah hoax dan Dicky Chandra adalah fakta. Meme tersebut juga muncul pada balasan Politikus Demokrat, Ferdinand Hutahaen kepada Ridwan Kamil.

“Ncik @ridwankamil, kalaupun msu menjilat memuji Jokowi, boleh saja. Tp jgn gunakan data dan info yang tdk jujur. Jangan bohong utk menutupi sejarah” tulis Ferdinand.

Tidak lama Kang Emil langsung menjawab meme tersebut melalui Instagramnya.

“Ada yang menganggap kalimat berita saya adalah Hoax. Sya gunakan hak jawab saya: Definisi dimulai perencanaan itu sejak dimulainya FEASIBILITY STUDY (FS). Dan FS Tol Cigatas itu baru dimulai 2016. Jika belum ada FS, itu namanya baru “niat baik” atau “cita-cita”. Lagian saya menulis kata “Pencanangan” yang artinya pembangunannya siap dimulai. Hatur Nuhun,” Tulis Ridwan Kamil di Instagram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here