RS Huoshenshan di Wuhan Dibangun untuk Pasien Virus Corona

0
12
virus corona
RS Huoshenshan di Wuhan Dibangun untuk Pasien Virus Corona

elahan.com, Pemerintah China membangun Rumah Sakit darurat bagi pasien virus corona di kota Wuhan. Rumah sakit tersebut berhasil dibangun selama 10 hari kurang lebih oleh 4 ribu pekerja. Pada Selasa, 4 Februari 2020 RS yang memiliki nama Huoshenshan atau ‘Gunung Dewa Api’.

Berdasarkan berita terkini, rumah sakit darurat ini telah menerima beberapa pasien yang dikirim dari berbagai rumah sakit lainnya. Tercatat ada puluhan pasien yang diabawa menggunakan ambulance. Ada 1.400 staf medis dari Angkatan Bersenjata ditugaskan untuk menangani para pasien virus corona. Paramedis tersebut terdiri dari 950 orang dari rumah-rumah sakit yang terafiliasi dengan militer China, People’s Liberation Army (PLA) dan 450 orang dari universitas-universitas kedokteran Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara PLA yang telah dikirimkan ke kota Wuhan sebelumnya.

RS Huoshenshan merupakan salah satu dari dua rumah sakit yang khusus dibangun untuk merawat pasien virus corona di Wuhan. Rumah sakit tersebut dibangun di tanah seluas 33.900 meter persegi dan memiliki 1.000 tempat tidur. RS Huoshenshan dibangun sejak 23 Januari 2020 yang selesai pada Minggu 2 Februaru waktu setempat. Ribuan pekerja harus bekerja selama 24 jan untuk dapat menyelesaikan proyek yang dianggap mission impossible itu. Bagaimana tidak, pemerintah menargetkan pengerjaan rumah sakit tersebut rampung dalam 10 hari.

Rumah sakit darurat ini dibangun dengan meniru desain rumah sakit Xiaotangshan di pinggiran Beijing yang dibangun saat wabah SARS melanda China pada tahun 2003. Pada saat itu otoritas Beijing membangun RS Xiaotangshan hanya dalam waktu seminggu untuk merawat para pasien penyakit Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS).

Video yang diunggah salah satu pasien yang dirawat disana menunjukkan fasilitas rumah sakit yang terlihat cukup lengkap. Video ini diunggah pada akun Youtube China Global Television Network (CGTN), Selasa (4/2/2020). Dalam video berdurasi 76 detik tersebut, pasien itu mengatakan, RS menyediakan fasilitas yang bagus.

Meski harus berbagi kamar dengan pasien lainnya, namun fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti alat bantu pernapasan, layar untuk memantau oksigen dalam darah, alat pemantau tekanan darah, dan alat canggih lainnya. Ruangan juga dilengkapi dengan AC, televisi, dan sistem udara yang baik. Dikatakan pasien tersebut, kamar mandi yang tersedia juga layak.

Wabah virus corona saat ini memang menjadi masalah yang cukup rumit bagi pemerintahan China. Di kota Wuhan, saat ini tercatat ribuan orang sudah positif terjangkit virus tersbut. Parahnya lagi, sebanyak 427 orang tewas akibat virus tersebut. Hal itulah yang menyebabkan pemerintah China dengan siaga membangun rumah sakit darurat.

Berbagai rumah sakit terutama di kota Wuhan sudah tidak bisa lagi menampung pasien dengan baik sehingga tidak mendapatkan perawatan yang optimal. Rampungnya pembangunan RS Huoshenshan yang dikhususkan untuk merawat pasien virus corona saat ini semoga bisa menjadi langkah baik bagi penyembuhan para pasien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here