Sejumlah Orang Tua yang Tidak Paham PPDB Online Datangi Posko Pelayanan

0
13
PPDB Online
Sejumlah Orang Tua yang Tidak Paham PPDB Online Datangi Posko Pelayanan

elahan.com, Pandemi COVID-19 membuat Pendaftaran Peserta Didik Baru secara daring atau PPDB online. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan dan menjadi penyebaran virus corona. Akan tetapi, Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat Wilayah II Urip Asih mengatakan masih ada orang tua Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang datang dan bertanya langsung ke posko pelayanan PPDB di SMAN 112. Padahal PPDB sudah melalui sistem online dengan mengakses situs PPDB.

“Di Jakarta Barat II itu kan Kecamatan Grogol Petamburan, Palmerah, Kebon Jeruk dan Kembangan. Kalau ke posko 329 orang Senin kemarin, kemarin 90an orang. Jadi kurang lebih 500an orang yang ke posko tanya teknis,” kata Urip Asih saat dihubungi, Kamis (18/6/2020)

Orang tua CPDB yang datang ke posko umumnya bertanya terkait prosedur PPDB secara online tersebut. Petugas yang berada di lokasi pun mengarahkan dan menjelaskan satu persatu kepada para orang tua murid. Selain datang langsung, ada juga orang tua CPDB yang menanyakan hal teknis melalui telepon. Maka petugas pun akan menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh orang tua CPDB.

“Iya kan orang tua siswa buka website, dan mereka ikuti secara online banyak juga nggak paham isinya. Mereka minta bantuan ke posko lalu kami beri pelayanan jadi posko ada untuk SD, SMP, SMA ada juga dari dinas dukcapil” kata Urip.

“Kadang ada juga lewat telepon meminta panduan saat daftar online. Selain itu kami punya call center, menjawab sms, tapi mereka (orang tua CPDB) kadang lebih puas kalau datang langsung ke posko,” tambahnya. Meski melayani banyak orang, Urip mengatakan pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Seperti mewajibkan seluruh orang tua yang datang memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan, dan juga mengatur jarak saat mengantre.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menerbitkan Surat Keputusan (SK) Nomor 501 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam SK ini dijelaskan bahwa seluruh alur PPDB online, yang dimana tahun ini, mulai dari pra-pendaftaran hingga lapor diri dilakukan daring.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here