Sering Tuai Kontroversi, Berikut Keberhasilan Anies Baswedan Selama Menjabat Gubernur Jakarta

0
9
Anies Baswedan Gubernur Jakarta
Sudah menjabat sebagai Gubernur Jakarta 2 tahun, Anies Baswedan klaim beberapa keberhasilan

elahan.com, Anies Baswedan memang sosok yang selalu menarik perhatian. Gubernur DKI Jakarta ini ternyata sudah dua tahun menjabat per tanggal 16 Oktober 2019 lalu.

Anies pun menyampaikan berbagai keberhasilannya selama menjadi orang nomor satu di ibukota. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Kemacetan Berkurang

Anies Baswedan mengklaim bahwa kemacetan Jakarta di tahun 2018 menurun dibanding tahun 2017 lalu. Hal ini seiring dengan pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan. Hal ini dilihat dari peringkat macet Jakarta yang berada di posisi tujuh tahun 2018, turun tiga angka setelah tahun 2017 dinyatakan sebagai kota nomor empat termacet di dunia.  Meski begitu Anies menargetkan Jakarta tidak lagi masuk dalam 10 besar kota termacet.

2. Meningkatnya Pengguna Transportasi Umum

Anies juga menyebut bahwa pengguna transportasi umum di DKI Jakarta juga meningkat. Hal ini dilihat dari angka pengguna transjakarta yang terus meningkat dalam dua tahun terakhir.

Menurut dia, dari 2017-2019, ada sekitar 640 penumpang setiap harinya. Angka ini naik hampir dua kali lipat. Tentu saja jumlah penumpang dapat meningkat karena bertambah juga jumlah armada. Pada 2017 lalu ada sebanyak 2.380 unit, 2018 naik menjadi 3.017 unit, dan 2019 berjumlah 3.548 unit bus.

Ditambah lagi sekarang bus transjakarta sudah terintegrasi dengan MRT yang ada di Bundaran HI serta LRT di Jalan Pemuda. Masih menurut keterangan yang disebutkan Anies, prata-rata setiap harinya penumpang MRT Jakarta mencapai 94.824 orang. Sedangkan uji coba LRT periode 11 Juni – 13 Oktober 2019, sudah melayani 798.000 penumpang.

3. Terkendalinya Harga Kebutuhan Pokok

Klaim selanjutnya adalah mengenai harga kebutuhan pokok di Jakarta yang terkendali selama masa kepemimpinannya. Bahkan menurut dia, ada fase harga kebutuhan pokok mengalami penurunan. Pemprov DKI Jakarta mengantisipasi permintaan pasar dengan menjaga suplai kebutuhan pokok demi menjaga kestabilan pangan.

4. Kartu Bantuan Sosial

Setidaknya ada sekitar 1.1 juta warga Jakarta yang mendapatkan bantuan berupa kartu bantuan sosial dari Pemprov DKI di dua tahun kepemimpinannya. Setidaknya ada lima kartu, seperti Kartu Jekarta Pintar (KJP) plus, Kartu penyandang Disabilitas, Kartu Jakarta Mahasiswa Unnggul (KJMU), Kartu Lansia Jakarta, dan Kartu Pekerja Jakarta.

Penerima KJP Plus tahap I tahun 2019 ini sudah mencapai 860.397 siswa, KJMU tahun 2019 sebanyak 5.061 mahasiswa, penerima Kartu Pekerja Jakarta sebanyak 17.934 pekerja, penerima Kartu Lansia Jakarta sebanyak 40.419 orang, serta penerima Kartu Penyandang Disabilitas sebanyak 7.137 orang.

5. Rumah DP Rp 0

Pada masa dua tahun Anies Baswedan menjabat, Pemprov DKI Jakarta sudah membangun 780 unit rumah DP Rp 0. Memang angka ini masih jauh dari target, sebab rencananya dalam lima tahun periode jabatan, targetnya akan dibangun 232.214 unit hunian. Bahkan target tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Daerah nomor 1 Tahun 2018 mengenai Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah DKI Jakarta 2017-2022.

Rumah DP Rp 0 ini rencananya akan dibangun oleh BUMD sebanyak 14.000 unit, serta 218.214 unit dibangun melalui kerja sama.

6. Revitalisasi Trotoar

Anies Baswedan selamam menjadi gubernur
Salah satu keebrhasilan Anies Baswedan selama menjadi gubernur Jakarta: Revitalisasi Trotoar

Menurut Anies, sepanjang 2017-2019, Pemprov DKI sudah merivitalisasi trotoar sepanjang 134 kilometer. Trotoar yang dimaksud berlokasi di Jalan MH Thamrin, Jendral Sudirman, Kemang Raya, Dr Satrio, Cikini Raya, dan juga Otto Iskandardinata. Revitalisasi ini akan terus dilanjutkan tahun 2020 dengan naggaran Rp 1,1 triliun.

7. Rumah Aman Anak dan Perempuan

Selama dua tahun jabatannya, mantan Mendikbud ini menyebut sudah membangun empat rumah aman untuk melindungi anak dan perempuan dari tindak kekerasan. Rumah aman ini memang dirahasiakan tempatnya untuk melindungi para korban dari tindak kekerasan. Ada juga 19 pos pengaduan di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) serta rumah susun.

8. Membebaskan PBB

Sebanyak 19.929 wajib pajak bumi dan bangunan (PBB) suduah dibebaskan oleh Pemprov DKI dari tanggung jawan membayar pajak. Adapun yang mendapat pembebasan ini adalah pensiunan PNS, mantan wakil presiden, hingga purnawirawan TNI/Polri.

9. Perluasan Jangkauan OK OCE

Anies Baswedan dan O OCE
OK OCE jadi salah satu keberhasilan Anies Baswedan selama menjadi gubernur DKI Jakarta

Dalam dua tahun kepemimpinannya, Pemprov DKI sudah memperluas jangkauan program OK OCE. Tidak hanya menyasar wirausaha pemula, tapi juga melatih UMKM untuk mengembangkan usahanya.

10. Menyediakan Kapal Cepat Bagi Warga Pulau Terluar Jakarta

Untuk melayani transportasi warga antar pulau di Kepulauan Seribu, Pempriv DKI menambah armada kapal cepat sebanyak enam unit. Bahkan setiap hari rute kapal cepat ke Pulau Sebira sudah tersedia.

11. Mengaspal Jalan Kampung

Pemprov DKI memastikan kampung-kampung di Jakarta layak huni dengan mengaspal jalan-jalan kampung yang ada di Jakarta. Jalanan tersebut juga diberikan penerangan.

12. Kelola Sendiri PMTAS

Seperti klaim Anies Baswedan, Jakarta jadi provinsi pertama di Indonesia yang melakukan swakelola program pemberian makanan tambahan anak sehat (PMTAS) bagi siswa. Program ini sudah diberikan pada 144.000 siswa sejak diluncurkan pada 2018 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here