Siswa Penerima KJP Gratis Akses GOR di Jakarta

0
57
Ilustrasi Kartu Jakarta Pintar (KJP)
Ilustrasi Kartu Jakarta Pintar (KJP). istimewa

Elahan.com – Siswa penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) dapat mengakses gratis fasilitas tujuh GOR yang baru direnovasi di Ibu Kota, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan secara simbolis di GOR Matraman pada Jumat (15/2).

Adapun tujuh gelanggang olahraga (GOR) yang direnovasi semenjak tahun yang lalu itu ialah GOR Pademangan, GOR Matraman, GOR Cilandak, GOR Pancoran, GOR Radin Inten, GOR Sunter, dan GOR Pondok Bambu.        

Gubernur DKI mengatakan, di samping harus dimanfaatkan secara maksimal untuk pekerjaan olahraga, GOR pun diharapkan dapat menjadi sebagai ajang interaksi antarwarga di Ibu Kota. “Hari ini terdapat lima GOR yang diresmikan secara serentak. GOR ini mesti dialami dampaknya. Jangan hingga GOR ini menjadi estetis difoto namun minim kegiatan, indah di anggap tapi tak terasa manfaatnya,” ungkapnya di GOR Matraman, Jumat (15/2).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut ingin supaya sarana dan prasarana publik laksana GOR terus dikembangkan dan dikelola secara profesional. Di samping itu, GOR yang telah ada kini perlu diasuh dan dipelihara bersama-sama dengan melibatkan masyarakat maupun semua pemangku kepentingan di DKI Jakarta.

Berdasarkan keterangan Mantan Rektor Universitas Paramadina, GOR menjadi lokasi ideal untuk mengalirkan berbagai kegiatan dan kegemaran warga, baik di bidang olahraga maupun seni dan budaya. GOR pun sekaligus sebagai wadah untuk mencetuskan atlet-atlet besar dan olahragawan berprestasi yang dapat mengharumkan Jakarta dan Indonesia.

“Pengelolaannya mesti sarat dengan inovasi, sampai-sampai GOR ini tidak menjadi lokasi yang membosankan. Harus terdapat terobosan, karena tersebut para pengelolanya mesti mengelola ini dengan sarat inovasi. Libatkan masyarakat, ajak masyarakat guna ikut berpartisipasi,” ungkap Anies.

Ratiyono selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta mengatakan, pembangunan dan rehabilitasi ketujuh GOR itu menelan ongkos total Rp 93,6 miliar. “Keberadaan kemudahan kelas internasional ini untuk menambah interaksi masyarakat,” bebernya.

Dia menuturkan, tujuh GOR itu akan diberlakukan cuma-cuma untuk anak-anak sekolah masing-masing pukul 08.00 – 14.00 WIB dengan memakai Kartu Jakarta Pintar (KJP). “Lansia pun kami persilakan (gratis), empang renang pun free guna pemegang KJP,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here