Tahun 2020 Mudik Gratis Sepeda Motor Bakal Diperluas

0
30
mudik gratis
mudik gratis

Elahan.com, Program mudik gratis kian banyak diselenggarakan, berbagai sarana transportasi digunakan seperti bus, kereta, hingga kapal laut. Biasanya penyelenggaraan mudik gratis banyak diberikan kepada pemudik yang menggunakan motor. Hal ini dilihat dari antusias pemudik masih menjadikan sepeda motor sebagai salah satu pilihan mereka sebagai sarana untuk kembali ke kampung halaman.

Alasan utama mengapa pemudik memilih menggunakan motor untuk pulang ke kampung halaman karena dengan membawa motor bisa mengirit pengeluaran. Selain itu bisa lebih cepat sampai. Motor dianggap lebih fleksibel dan bisa selap-selip serta dapat melewati jalur alternatif yang ruasnya tidak terlalu besar. Selain itu pemudik bisa mondar-mandir ketika berada di kampung. Hal ini karena pihak pemerintah di daerah mereka yang belum dapat menyiapkan angkutan terintegrasi yang mumpuni untuk masyarakat. Sepeda motor merupakan pilihan yang pas untuk beraktivitas selama berada di kampung halaman.

Namun, dengan alasan-alasan diatas para pemudik tidak memperhatikan aspek  keselamatan. Misalkan pemudik berkendara dengan jumlah penumpang yang tidak sesuai dengan ketentuan, satu motor kerap kali dijejali ayah, istri, dan anaknya. Terkadang anaknya yang dibawa bisa lebih dari satu. Ditambah lagi beban barang yang banyak dan berat dapat mempengaruhi kestabilan motor dan tak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas.

Dilansir dari Liputan6.com, menurut penuturan Yamaha Indonesia terdapat trilogi kecelekaan yang terdiri dari 3 unsur yaitu manusia, kendaraan, dan jalan, akan tetapi hal yang oaling berpengaruh adalah manusianya. Manusia dianggap dapat mengontrol semua, jadi bahaya atau tidaknya tergantung dari pengendaranya. Jika pengendara dapat membawanya dengan baik dan menaati aturan mudik menggunakan motor pun aman.

Melihat banyaknya pemudik yang memilih sepeda motor menjadi sarana mudik, serta guna mengantisipasi kecelakaan,  kini pemerintah memiliki rencana perluasan program mudik gratis untuk para pengendara sepeda motor hingga ke kawasan timur Indonesia pada tahun 2020 mendatang.

Wisnu Handoko selaku Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub nyatakan akan perluas wilayah hingga ke wilayah timur Indonesia untuk para peserta mudik gratis sepeda motor.

Wisnu Handoko selaku Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menyatakan pemerintah akan mempersiapkan dan menyempurnakan penyelenggaraan mudik gratis bagi para pemudik yang menggunakan motor dengan kapal laut guna memenuhi aspek keselamatan pada tahun-tahun mendatang.

Wisnu menyatakan, mereka akan mengusahakan agar cakupan wilayah mudik gratis dapat diperluas tidak hanya di wilayah Jawa dan Sumatra, tapi juga di wilayah Timur. Selain itu, akan diupayakan agar pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan secara online dengan menggunakan NIK [Nomor Induk Kependudukan].

Ada tiga keberangkatan arus mudik dari Jakarta ke Semarang dengan KM Dobonsolo tercatat mengangkut 5.523 penumpang serta 2.468 sepeda motor. Untuk tiga keberangkatan arus balik dari Semarang ke Jakarta tercatat ada 5.384 penumpang dan 2.326 sepeda motor yang diangkut. Total pemudik yang ikut serta dalam program mudik gratis tahun 2019 adalah 11.007 orang dan 4.794 sepeda motor.

Pada lebaran tahun 2019 Kementerian Perhubungan menetapkan kuota mudik gratis sepeda motor sebanyak 7.500 unit beserta penumpangnya yang berjumlah 15.000 orang.

KM Dobonsolo yang dioperasikan oleh PT Pelni tiba pada 14 Juni 2019 di Pelabuhan Tanjung Priok dan telah menyelesaikan tugas untuk mengangkut penumpang dan sepeda motor dalam program mudik gratis. Dalam pelayaran terakhirnya, kapal ini membawa penumpang berjumlah 1.775 orang dan 762 unit sepeda motor.

Pelayaran kapal dalam program mudik gratis ini terakhir berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada sehari sebelumnya. Kapal ini mengangkut pemudik yang akan kembali ke Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here