Tanggapan Demokrat Soal Wali Kota Cirebon Pindah Haluan

0
81
Kader Partai Demokrat Nasrudin Azis (istimewa)
Kader Partai Demokrat Nasrudin Azis (istimewa)

elahan.com – Wali Kota Cirebon dan juga kader Partai Demokrat Nasrudin Azis mendeklarasikan dirinya mendukung Pasangan Jokowi-Ma’ruf pada Sabtu (19/1).

Menanggapi hal tersebut, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menugaskan Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron untuk mendalami kasus tersebut. Hasil yang diperoleh Herman akan menjadi bahan untuk majelis pertimbangan pusat saat akan menentukan sikap dan keputusan partai.

“Saya memang diminta untuk mendapatkan informasi. Komandan Kogasma sendiri meminta saya untuk mendapatkan banyak informasi terkait persoalan ini. Dan tentu ini juga sebagai dasar apa keputusan partai untuk menyikapi terhadap keputusan Azis sebagai kader partai demokrat,” ujar Herman, Minggu (20/1).

Menurut Herman, sikap politik yang dilakukan Azis ini merupakan persoalan etika. Namun untuk potensi sanksi apa yang akan diberikan dia merasa sidang majelis kehormatan partai lah yang pantas untuk memberikan keputusan.

Ketua DPP Partai Demokrat itu juga mengklaim bahwa Azis tidak melakukan pembicaraan, pemberitahuan, sekaligus alasan-alasan terlebih dahulu. Menurutnya, Azis seharusnya berkonsultasi terlebih dahulu di struktural partai. Mulai dari dewan pertimbangan DPC, DPD tingkat privinsi, hingga DPP.

Keputusan Wali Kota Cirebon tersebut juga mendapat tanggapan dari mantan kader Demokrat Ruhut Sitompul. Dia memberikan pujian kepada kader-kader mantan partainya terkait kasus pindah haluan ini.

“Itulah hebatnya kader-kader Demokrat. Feeling politiknya selalu tepat. contohnya saya 2014, kan saya sudah terpilih jadi DPR, tapi tegas saya mohon izin kepada Pak Susilo Bambang Yudhoyono 2014, saya mendukung Pak Joko Widodo,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto mengaku senang atas keputusan Azis. Dia mengatakan dukungan ini adalah bukti Jokowi tidak pernah membeda-bedakan partai politik.

“Sebenarnya para kepala daerah mereka merasakan kepemimpinan Pak Jokowi. Sewbagai Presiden (Jokowi) tidak pernah beda-bedakan parpol, beda-bedakan rakyatnya,” kata Hasto, Minggu (20/1).

Azis sudah menjadi kader Partai Demokrat sejak hadir di Kota Cirebon dan kini dirinya sudah menduduki jabatan sebagai Wali Kota Cirebon. Maka dari itu soal pindah haluan ini menjadi perhatian khusus bagi partainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here