Tata Cara Pemberkasan Bagi yang Dinyatakan Lulus CPNS 2018

0
94
Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS (istimewa)
Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS (istimewa)

elahan.com – Akhirnya Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan hasil akhir seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 tadi malam.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS berjumlah 14.653. pengumuman tersebut diunggah di situs website kemenag.

“Malam ini silahkan diakses di website Kementerian Agama, pengumuman hasil seleksi CPNS sudah dipublish,” ujar Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan dikutip dari website resmi kemenag.

Setelah dinyatakan lulus seleksi, peserta diminta untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu pemberkasan.

“Setelah dinyatakan lulus, tahap berikutnya adalah pemberkasan. Proses ini wajib diikuti. Jika sampai batas akhir tidak melakukan pemberkasan, dinilai mengundurkan diri,” lengkap Nur Kholis di website kemenag.

Melalui akun Twitternya, @Kemenag_RI menginformasikan hal-hal harus dipenuhi para peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS saat pemberkasan:

Pertama, pemberkasan digelar selama 15 hari kerja, dari tanggal 16 januari sampai 5 Februari 2019 dan mulai jam 08.00 sampai 16.00 waktu setempat.

Kedua, lokasi pemberkasan berjumlah 128 satuan kerja (satker). Diantaranya, 11 unit Eselon I pusat; 34 Kantor Wilayah Provinsi; 72 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri; dan 11 balai Litbang/Diklat Kemenag.

Ketiga, peserta yang dinyatakan lulus diminta untuk melengkapi semua berkas persyaratan administrasi umum dan membaca serta memahami pengumuman kelulusan.

Keempat, ketentuan map kuning untuk jabatan dosen, map warna hijau untuk jabatan guru, map warna biru untuk jabatan guru mantan Tenaga Honores Kategori II, dan map warna merah untuk jabatan JTF/pelaksana. Pada map dituliskan nomor ujian, nama, tanggal lahir, dan jabatan yang dilamar.

Kelima, penetapan Nomor Induk Kepegawaian (NIP) akan diproses jika peserta telah memenuhi seluruh persyaratan administrasi. Juga akan diberikan Surat Keputusan tentang Pengangkatan sebagai CPNS.

Kode Kelulusan

Ada empat jenis kode yang tercantum dalam pengumuman hasil seleksi CPNS Kemenag 2018.

Pertama, kode ‘P1/L’ atau ‘P2/L’untuk peserta yang memiliki nilai terbaik berdasarkan Permenpan RB No 37 dan 61 tahun 2018.

Kedua, kode ‘P1/L-1’ atau ‘P2/L-1’ untuk peserta yang berpindah antar jenis formasi dalam jabatan dan satuan kerja/lokasi yang sama.

Ketiga, kode ‘P1/TL’ atau ‘P2/TL’ untuk peserta yang tidak lulus seleksi karena tidak masuk peringkat dalam formasi.

Keempat, kode ‘P1/TMS’ atau ‘P2/TMS’ untuk peserta yang tidak lulus seleksi akhir karena tidak hadir dalam beberapa rangkaian seleksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here