Terjadi Kebakaran Hutan, Artis Korea Berikan Donasi

0
32
Kebakaran hutan dahsyat di Korea Selatan
Kebakaran hutan di korea selatan

Elahan.com, Korea Selatan (Korsel) menetapkan kebakaran hutan yang melahap 500 hektare lahan tersebut sebagai bencana nasional. Ini termasuk penetapan langka bagi pemeritah Korsel, sebab terakhir kali status sejenis ditetapkan pemerintah Korsel tahun 2007 silam. 

Penetapan status bencana nasional atas kasus ini berarti memberikan akses masuk bantuan khusus untuk daerah yang terdampak. Bantuan tersebut berupa barang-barang logistik serta perlengkapan. Zona-zona yang tergolong berbahaya juga dilarang untuk dimasuki.

Kebakaran hutan terjadi di Korea Selatan
Kebakaran hutan besar terjadi di Korea Selatan

Kebakaran hutan ini berawal dari percikan api di satu trafo ruas jalan di kota Goseong yang berada di sebelah timur laut Korsel pada Kamis, 4 April 2019. Kota Goseong ini hanya berjarak 45 kilometer dari wilayah Korea Utara. Karena angin kencang memperluas penyebaran wilayah kebakaran hingga ke wilayah Sokcho, Gangneung dan Donghae hanya dalam hitungan jam saja. 

Data dari otoritas setempat menyebut ada 400 rumah warga serta 500 hektare lahan hangus dilahap api. Akibatnya, ada 4.000 orang dievakuasi dari tempat tinggal mereka.

Bencana ini juga menelan 1 orang korban jiwa. Media berita Korsel menyebut polisi menemukan jenazah seorang pria di jalanan yang diduga akibat kebakaran. Selain itu, ada 11 orang lainnya yang mengalami luka-luka. 

Sebelumnya dilaporkan bahwa seorang perempuan tewas di desa Goseoeng akibat kebakaran hutan yang terjadi. Setelah dikonfirmasi, ternyata perempuan itu tewas bukan akibat kebakaran.

Meskipun kobaran api utama sudah dikendalikan. Hanya saja belum bisa dipadamkan seluruhnya. Wilayah Sokcho disebut sudah dipadamkan sementara di wilayah Gangneung baru berhasil dipadamkan 50 persen. 

Kebakaran ini mengerahkan 10 ribu personel darurat dengan 870 mobil pemadam kebakaran, 32 helikopter serta mobil pemadam kebakaran milik militer Korsel. 16.500 tentara juga ikut terlibat dalam operasi ini.

Yonhap melaporkan kebakaran ini juga menyebabkan terbakarnya beberapa pabrik dan gedung. Ada lebih kurang 4230 warga yang sudah dievakuasi ke Gymnasium dan sebanyak 52 sekolah yang ditutup hingga Jumat, 5 April 2019.

Bencana skala besar yang ditetapkan sebagai keadaan nasional terjadi di Korsel terakhir pada 2007 akibat kapal pengangkut minyak mentah membocorkan ribuan ton minyak ke pantai barat Korea Selatan.

Sederet artis Korea ikut memberikan sumbangan untuk para korban yang terkena musibah ini. PSY disebut memberikan donasi sekitar Rp 1.3 miliar kepada para korban kebakaran hutan. Tidak lupa, pasangan Lee Byung Hun dan Lee Min Jung juga ikut memberikan sumbangan dengan jumlah yang sama. 

Ada juga pemeran Sky Castle, Kim Seo Hyung, menyumbangkan sekitar Rp 125 juta atau 10 juta won. Aktris Jung Kyung juga ikut menyumbang dengan jumlah yang sama, senilai 10 juta won. So Yoo Jin memberikan sumbangan sebesar 50 juta won atau sejumlah Rp 621 juta. Serta tidak ketinggalan, Im Siwan juga ikut memberikan donasi sekitar 20 juta won atau jika dikonversi ke mata uang Indonesia berjumlah Rp 249 juta.

Komedian Yoo Byung Jae mendonasikan 1 juta won bersama manajernya. Pasangan Jo Jung Suk dan Gummy juga turut menyumbangkan uang sejumlah 30 juta won atau sejumlah Rp 373 juta. Aktor Jung Hae juga menyumbangkan donasi dengan nominal 30 juta won. 

Kebakaran hutan yang terjadi di Korsel ini juga membuat Kang Min Hyuk CNBLUE dan Yoon Doojoon yang sekarang sedang menjalani masa wajib militer juga ikut memberikan sumbangan dengan masing-masing 10 juta won dan 20 juta won.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here