Tidak Self Plagiarsm, Muryanto Amin Resmi Dilantik Jadi Rektor USU

0
3
Rektor USU
Tidak Self Plagiarsm, Muryanto Amin Resmi Dilantik Jadi Rektor USU

Elahan.com, Muryanto Amin resmi dilantik sebagai Rektor USU periode 2021-2026 meski tersandung kasus plagiarism. Pelantikannya dilakukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) USU di Jakarta, Kamis (28/1/2021). Mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU itu menggantikan Runtung Sitepu sebagai Rektor.

Muryanto sendiri tersandung isu self-plagiarism setelah menjadi rektor terpilih. Ia sempat dinyatakan melakukan plagiat atas karyanya sendiri yang berjudul ‘A New Patronage Network of Pemuda Pancasila in Governor Election of North Sumatera‘ yang dipublikasikan pada jurnal ‘Man in India‘. Karya tersebut dinilai plagiat atas karya Muryanto lainnya yang berjudul ‘Relasi Jaringan Organisasi Pemuda dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara’.

Polemik ini pun berakhir setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan tak ada self-plagiarism atau plagiat diri sendiri. Sebab, dalam Permendikbud Nomor 17 Tahun 2010 didefinisikan jika plagiarisme itu dilakukan seseorang yang mengambil karya orang lain. 

Terpilihnya Muryanto sebagai Rektor karena berhasil mendapatkan 18 suara (57,75 persen) dengan mengungguli dua calon rektor lain. Yakni, Prof. Farhat yang memperoleh 11 suara (35,75 persen) dan Prof. Muhammad Arif yang mendapatkan 2 suara (6,5 persen). Proses pemilihan tersebut disaksikan Dirjen Dikti Prof. Nizam yang bertindak mewakili Mendikbud, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Sabrina yang mewakili Gubernur, serta seluruh anggota Majelis Wali Amanat (MWA) lainnya.

Dilansir melalui laman usu.ac.id,  Muryanto merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang menjabat sejak 2016. Ia juga merupakan seorang aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Muryanto berhasil menorehkan sejarah baru dimana di USU terpilih Rektor dari FISIP.

Pria kelahiran Medan, 30 September 1975 ini merupakan alumni Jurusan Administrasi Negara, FISIP Universitas Sumatera Utara angkatan 1992. Namun ia meraih gelar Magister dan Doktor Ilmu Politik di Universitas Indonesia. Ia kemudian, menjadi dosen di Program Studi Ilmu Politik, USU. Sejak 2002 hingga 2006, Muryanto Amin pernah menjadi asisten dosen di FISIP USU, kemudian menjadi dosen, lalu akhirnya menjadi Dekan FISIP USU dan terakhir terpilih menjadi Rektor USU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here