Tokoh Agama Jadi Salah Satu Kategori Ideal Cawapres Jokowi

0
85
tokoh agama ideal untuk cawapres Jokowi
Tokoh agama dinilai ideal untuk jadi cawapres Jokowi

Elahan.com, Nama cawapres Jokowi sampai saat ini belum diumumkan. Peneliti dari Lembaga Lingkar Survey Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan kategori cawapres yang ideal untuk mendampingi Jokowi adalah dari kalangan tokoh agama.

Hal itu didasarkan pada hasil survei yang dilakukan LSI. “Sederet nama seperti Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin unggul sebesar 21 persen. Disusul Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin 17,2 persen,” ungkap Adjie melalui pesan tertulis pada Kamis, 26 Juli 2018.

Selain dua nama itu, muncul juga nama Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) dengan angka 12,3 persen.

Melihat hasil survei LSI, peneliti masalah sosial-politik Mawardin Sidik mengutarakan pendapatnya. Menurutnya, dari tiga tokoh Islam tersebut, Din Syamsuddin memiliki nilai tawar berbeda.

Mawardin juga mengatakan, sosok Din Syamsuddin memiliki kedekatan emosional dan historis, tidak saja dengan kaum modernis Muhammadiyah, namun juga kaum Nahdliyyin.

“Prof Din cukup dihormati dan disegani di kalangan kelompok muslim yang dicap fundamentalis selama ini,” ujarnya.

Karena faktor tersebut, mantan peneliti BNPT ini menilai bahwa sosok Din bisa menjadi simbol yang mempersatukan umat dan mencairkan ketegangan yang terjadi di masyarakat.

“Memasang Jokowi-Din Syamsuddin bisa menjadi penyeimbang,” tambah Mawardin.

Kendati demikian, sosok KH. Ma’ruf Amin dan TGB tak dapat dikesampingkan begitu saja. Mereka juga dinilai memiliki tingkat keulamaan yang mengakar di Ormas Islam. Karena itu, Mawardin mengatakan, sekarang sudah bukan saatnya para petinggi partai politik mementingkan pragmatisme sesaat. Ini untuk sudah saatnya para elite partai politik memikirkan kepentingan bangsa secara jangka panjang.

Sebelumnya, pihak koalisi Jokowi telah menggelar rapat untuk membicarakan cawapres bagi petahana itu di Istana Bogor, Senin, 23 Juli 2018.

Dari rapat tersebut, telah disepakati satu nama yang akan menjadi cawapres Jokowi. Sementara, pengumuman mungkin tidak akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Menurut Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muchammad Romahurmuziy atau Romy, pengumuman cawapres Jokowi kemungkinan besar akan dilakukan mendekati tenggat pendaftaran acpres-cawapres pada Agustus mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here