Top 5 Daftar Nama Konglomerat Indonesia 2019

0
46
konglomerat Indonesia 2019
Nama-nama konglomerat Indonesia

Elahan.com, Majalah Forbes resmi merilis daftar nama orang terkaya di seluruh dunia, Diantara deretan nama orang terkaya di dunia terselip 21 nama orang yang berasal dari Indonesia. Berikut adalah daftar konglomerat Indonesia 2019 berdasarkan rilisan majalah Forbes Amerika Serikat :

Konglomerat Indonesia 2019
Konglomerat Indonesia 2019

Robert Budi Hartono

Pada urutan pertama ditempati oleh Budi Hartono. Pemilik PT Djarum yang merupakan perusahaan rokok terbesar di dunia ini tercatat memiliki harta kekayaan dengan jumlah 18,1 miliar dolar atau setara dengan 253,4 triliun rupiah. Rudi Hartono merupakan orang terkaya di Indonesia dan berada pada peringkat 56 dalam daftar Forbes.

Kini bersama saudaranya, Robert Budi Hartono terus mengembangkan bisnis warisan ayahnya serta berinvestasi pada sektor bisnis keuangan dan perbankan khususnya Bank BCA.

Michael Hartono

Di urutan kedua terdapat nama Michael Hartono yang merupakan kakak dari orang konglomerat Indonesia nomor satu. Pengusaha yang lahir di Kudus, 2 Oktober 1939 ini memiliki aset kekayaan sekitar 12,6 miliar dolar atau setara dengan 176,4 triliun rupiah.

Michael Hartono menempuh pendidikan akhir di Universitas Dipenogoro dan kemudian berkarir di dunia bisnis sebagai Direktur PT Djarum. Selain merambah di sektor bkeuangan, Ia bersama saudara-saudaranya juga merambah pada sektor agribisnis yaitu bisnis kelapa sawit dan kilang pengolahannya. Selain aktif berbisnis, dirinya juga berkiprah sebagai atlet Bridge dan pada ajang Asian Games 2018 ia berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk kontingen Indonesia.

Sri Prakash Lohia

Di peringkat ketiga ada nama Sri Prakash Lohia.Didengar dari namanya mungkin sudah tertebak bahwa miliader ini merupakan keturunan India. Sri Prakash Lohia, lahir di Kalkuta, India pada 11 Juli 1952 dan tumbuh besar di India. Namun, dirinya menghabiskan sebagian besar masa karir bisnisnya di Indonesia sejak tahun 1974. Lohia pindah ke Indonesia bersama dengan ayahnya dan merintis Indorama Synthetics. Indorama Synthetics adalah perusahaan yang memproduksi benang pintal.

Berdasarkan majalah Forbes, jumlah kekayaan Sri Prakash Lohia ditaksir sebesar 7,6 miliar dolar atau setara dengan 106,4 triliun rupiah yang berhasil menempati peringkat ke-183 orang terkaya di dunia.

Dato Sri Tahir

Di peringkat empat ada nama Dato’ Sri Tahir. Lahir di Surabaya pada 1952 ini merupakan pengusaha, investor, sekaligus juga pendiri dari Mayapada Grup. Perusahaan yang didirikan ini merupakan bisnis pada sektor perbankan, rumah sakit, dan perumahan atau real estat.

Hingga di tahun 2019 total aset kekayaan Dato Sri Tahir senilai 4,5 miliar US Dolar atau setara dengan 63 triliun rupiah, serta menempati posisi ke-399 dalam urutan orang terkaya di dunia berdasarkan majalah Forbes.

Chairul Tanjung

Diperingkat lima ada nama Charilung Tanjung, yang kisah hidupnya dituangkan kedalam sebuah buku bernama Si Anak Singkong. Pengusaha lulusan SMA 1 Budi Utomo dan Universitas Indonesia ini merupakan pemilik dari PT Chairul Tanjung Corpora atau lebih dikenal dengan nama CT Corp. Perusahaan ini bergerak di sektor media televisi, media online, perbankan, property estat, hotel, wahana hiburan, serta gerai pasar modern.

Selain itu grup CT Corp ini juga memegang kendali dari sejumlah waralaba di Indonesia seperti Wendy’s, Versace, Mango, dan Jimmy Choo. Di tahun 2017, CT Corp menandatangani sebuah kesepakatan dengan AccorHotels of France untuk membuka sebanyak 30 hotel di Indonesia.

Atas sejumlah aset yang dimilikinya ini, Chairul Tanjung memiliki harta kekayaan sebesar 3,6 miliar US Dolar atau setara dengan 50,4 triliun rupiah.  CT menempati peringkat ke-5 sebagai orang terkaya di Indonesia dan menempati urutan ke-557 dalam daftar orang terkaya di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here