Tsunami Pandeglang, Pemprov Banten akan Bangun 700 Hunian

0
49
Tsunami Pandeglang, Pemprov Banten akan Bangun 700 Hunian (istimewa)
Tsunami Pandeglang, Pemprov Banten akan Bangun 700 Hunian (istimewa)

Elahan.com – Pemprov Banten akan membangun 700 hunian tetap bagi para korban tsunami Pandeglang, serta memberikan ribuan alat perlengkapan sekolah, seperti seragam kepada murid korban tsunami.

Untuk ribuan perlengkapan sekolah itu diserahkan ke SMA Negeri 3 Pandeglang dan ke kantor Kecamatan Panimbang untuk didistribusikan ke SD dan SMP.

“Luka masyarakat ialah luka kami. Masalah ini (bencana) tanggung jawab bersama. Mudah-mudahan ini memberikan guna dan semoga masyarakat diberi ketabahan dan dijauhkan dari bencana,” tutur Gubernur Banten Wahidin Halim di Kantor Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, dalam penjelasan resminya, Rabu (16 Januari 2019).

Sebanyak enam kantor desa yang terkena tsunami, diberikan masing-masing 50 juta. Dana ini diberikan guna membangun kembali kantor yang rusak. Keenam kantor itu adalah Citeureup, Gombong, Mekarjaya, Mekarsari, Panimbang dan Desa Tanjungjaya.

Gubernur Banten juga mengatakan, nantinya relokasi dilakukan ke tempat yang aman dari potensi tsunami, tepatnya tak di daerah dekat bibir pantai.

“Sekarang tanahnya sudah disiapkan, Pemprov  akan membangun hampir 700 rumah,” bebernya.

Sementara itu, Kedutaan Besar Jerman turut memberikan bantuan kepada korban.  Secara simbolis diserahkan Minister Counsellor Kedubes Jerman, Jens Hoch kepada Sekretaris Daerah Fery Hasanudin, Rabu 16 Januari 2019 bertempat di Gedung Garuda Pendopo.

“Terima kasih Pemerintah Jerman yang telah menolong dan peduli untuk masyarakat kami, yang ketika ini sedang terpapar bencana. Semoga pertolongan yang diserahkan Kedutaan Besar Jerman bermanfaat untuk para korban,” ungkap Fery.

Dia menerangkan bahwa bencana kini berstatus transisi darurat pemulihan . Tahapan dari penanganan bencana ke pemulihan setelah bencana membutuhkan waktu yang tidak pendek.

“Karena itu, bantuan ini sangat dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan para korban tiga bulan kedepan,” bebernya.

Jens Hoch selaku Minister Counsellor Kedutaan Besar Jerman menuliskan melalui jubirnya bahwa Pemerintah Jerman menyampaikan turut berduka atas bencana tsunami yang terjadi di Pandeglang, Banten.

 “Sebagai format kepedulian sesama kami berikan pertolongan berupa sembako, pakaian, dan selimut untuk seluruh korban. We are concerned about this tsunami disaster,” beber Jens Hoch.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here