Update Corona di Indonesia Per 10 Desember 2020 Terus Meningkat

0
8
corona di indonesia
Update Corona di Indonesia Per 10 Desember 2020 Masih Terus Meningkat

elahan.com, Terjadi penambahan kasus positif Corona di Indonesia sebanyak 6.033 orang pada 10 Desember 2020 kemarin. Dengan penambahan tersebut total konfirmasi positif virus corona di wilayah Indonesia telah mencapai total angka 598.933 kasus. Pemerintah Indonesia terus melakukan update data penularan virus Corona setiap harinya.

Tidak hanya terjadi penambahan kasus positif, namun angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia juga meningkat. Berdasarkan laman Kemenkes.go.id total pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh terus bertambah. Pada data terbaru tercatat angka kesembuhan telah mencapai 491.975 orang. Terdapat penambahan sebanyak 4.530 pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona di Indonesia.

Penambahan kasus positif dan pasien sembuh dinyatakan berdasarkan pemeriksaan spesimen sebanyak 56.034 dalam sehari dari 30.514 orang yang diambil sampelnya. Pemeriksaan spesimen tersebut menggunakan metode polymerase reaction chain (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM), dengan jumlah pemeriksaan sampel setiap orang diambil lebih dari satu kali. Secara total, pemerintah sudah memeriksa 6.168.268 spesimen dari 4.143.604 orang.

Adapun kasus meninggal dunia terkait penularan virus corona di Indonesia bertambah sebanyak 165 kasus. Sehingga data per Kamis 10 Desember 2020, total pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 18.336 orang. Sementara jumlah kasus suspek virus corona di Indonesia per  Kamis, 10 Desember 2020, mencapai 66.463 orang.

Berdasarkan data sudah ada 510 wilayah kabupaten/kota di Indonesia yang telah terpapar Covid-19. Hanya tersisa empat kabupaten/kota yang belum mencatatkan kasus Covid-19. Jumlah tersebut sama artinya dengan 99,2 persen wilayah di Tanah Air telah terpapar Covid-19. Kasus aktif merupakan pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta seluruh daerah mengevaluasi penerapan protokol kesehatan masyarakat di daerahnya. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat kasus positif Covid-19 terus bertambah dalam beberapa waktu terakhir.

“Saya minta seluruh provinsi di Indonesia untuk segera melakukan upaya menekan laju penularan dengan evaluasi menyeluruh implemntasi protokol kesehatan,” kata Wiku dalam konferensi pers secara daring, Selasa (8/12/2020).

“Evaluasi harus dilakukan terkait kepatuhan masyarakat dan peran satgas di daerah. Lakukan dengan sungguh-sungguh,” lanjutnya.

Wiku juga mengatakan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan dalam satu minggu terakhir, terjadi kenaikan kasus sebesar 13,5 persen dari sebanyak 36.599 menjadi 41.536. Bahkan Wiku juga mengatakan, pekan ini jumlah provinsi yang mengalami kenaikan kasus lebih banyak daripada provinsi yang mengalami penurunan.

“Kenaikan terjadi pada 19 provinsi dan penurunan 15 provinsi. Hal ini menunjukan penanganan kasus di sebagian besar provinsi mengalami perkembangan ke arah yang kurang baik,” ucap Wiku.

Penerapan protokol kesehatan saat ini merupakan hal yang penting diterapkan oleh seluruh masyarakat. Mengingat angka positif Corona di Indonesia terus terjadi peningkatan setiap harinya. Menerapkan protokol kesehatan dengan 3M dan vaksinasi yang sedang ditunggu dirasa dapat membantu mencegah dan menekan penularan virus Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here