WHO Katakan Virus Corona Masih Jauh dari Selesai

0
8
corona
WHO Katakan Virus Corona Masih Jauh dari Selesai

elahan.com, Pandemi virus corona yang kini menyerang berbagai negara belum juga bisa terselesaikan. World Health Organization (WHO) meminta masyarakat dunia untuk tidak lengah lawan virus yang dikenal dengan Covid-19. WHO juga menuturkan bahwa pandemi ini belum akan berakhir dalam waktu dekat. Hal itu disebabkan belum ditemukannya vaksin untuk mencegah.

Meski beberapa negara dan ilmuwan saat ini sedang dalam tahap menguji coba vaksin Covid-19. Salah satu pengujian vaksin adalah yang dibiayai oleh pemilik google Bill Gates. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom mengatakan beberapa negara, kasus dan angka kematiannya tidak dilaporkan karena kapasitas pengujian yang rendah.

“Pandemi [corona] masih jauh dari selesai, WHO terus prihatin dengan tren yang meningkat di Afrika, Eropa Timur, Amerika Latin dan beberapa negara Asia.” ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (28/4/2020).

“Virus ini tidak akan dikalahkan jika kita tidak bersatu, jika kita tidak bersatu, virus akan mengeksploitasi celah di antara kita dan terus membuat kekacauan. Hidup akan hilang,” jelas Tedros.

Sebelumnya WHO mengatakan pandemic corona masih tetap menjadi ancaman bagi manusia selama vaksinnya belum juga ditemukan. Dalam catatan WHO sudah ada 80 tim lebih yang mengembangkan vaksin corona ini. Enam di antaranya sudah diujicobakan kepada manusia, di mana vaksin tersebut berasal dari China.

Bill Gates yang merupakan salah satu pendana vaksin covid-19 memprediksi vaksin akan ditemukan dalam 12-18 bulan meski bisa dipersingkat menjadi 9 bulan. Namun kendala terbesar setelah vaksin ditemukan adalah bagaimana memproduksi vaksin secara massal dan bisa didistribusikan kepada negara-negara di dunia.

Saat ini belum juga ada obat yang ampuh untuk menyembuhkan virus tersebut. Namun beberapa tenaga medis di berbagai negara melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan pasien corona. Salah satu yang dilakukan untuk melemahkan virus covid-19 adalah meningkatkan imun tubuh pasien untuk melawan virus.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah angka positif cukup banyak. Hingga per 27 April 2020 diketahui jumlah pasien positif mencapai 8000an, sedangkan pasien sembuh berjumlah 1151 jiwa, dan pasien meninggal dunia berjumlah  765 jiwa. Indonesia masih terus melakukan upaya-upaya menekan penyebaran virus ini, melalui putusan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.

Adapun pemerintah juga meminta masyarakat tetap dirumah dan melakukan physical distancing jika keluar rumah. Menurut ilmuwan asal Singapura, Indonesia akan bebas dari virus corona di bulan September. Namun hal itu belum bisa dipastikan kebenarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here