WHO Katakan Virus Corona Tidak Akan Hilang Sepenuhnya

0
13
Virus Corona
WHO Katakan Virus Corona Tidak Akan Hilang Sepenuhnya

elahan.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kemungkinan virus corona tidak akan sepenuhnya musnah dan akan berada di muka bumi untuk jangka waktu yang lama. Bahkan, penerapan pembatasan sosial di sejumlah negara diprediksi tak akan mampu menghentikan penyebaran sepenuhnya.

“Penting untuk membahas ini, virus (corona) dapat menjadi endemi virus lain di komunitas kita dan virus ini kemungkinan tidak akan pernah pergi,” ujar Direktur Eksekutif Program Kedaruratan WHO Michael Ryan dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/3/20).

Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (14/5/2020), sejumlah negara mulai melonggarkan pembatasan lockdown yang diberlakukan untuk membatasi penyebaran luas virus covid-19. WHO menyatakan bahwa virus Corona mungkin tidak akan pernah hilang seluruhnya.

Mekispun demikian, Ryan mengingatkan agar populasi dapat beradaptasi di tengah kehadiran virus itu. Ia mencontohkannya dengan virus HIV yang saat ini masih menjadi endemi di tengah masyarakat. Dalam hal ini, masyarakat akhirnya mengetahui cara mencegah penularannya.

“Virus ini mungkin menjadi virus endemi lainnya di dalam masyarakat dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang,” tuturnya.

“HIV belum juga hilang — tapi kita telah menerima dan menghadapi virus itu,” imbuh Ryan yang pakar epidemiologi asal Irlandia ini.

Hingga saat ini, WHO masih merekomendasikan setiap negara untuk tetap dalam tingkat kewaspadaan tertinggi. Sebab, kapan berakhirnya pandemi ini masih sulit diprediksi. Selain itu, perlu upaya yang keras untuk bisa mengembalikan kondisi normal, sebelum virus ini mewabah.

“Saya pikir penting untuk realistis dan saya kira tidak ada seorang pun yang dapat memperkirakan kapan pandemi ini akan berakhir,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Worldometers, hingga Rabu (13/5), virus corona telah menginfeksi 4,4 juta warga dunia di mana sekitar 1,64 juta pasien sembuh dan 296 ribu meninggal dunia. Ryan menambahkan bahwa masih ada ‘jalan sangat panjang’ untuk dunia bisa kembali ke normal. Dia bersikeras menyatakan bahwa negara-negara dunia harus tetap berada di jalurnya.

“Ada beberapa pemikiran ajaib yang muncul bahwa lockdown berhasil dengan sempurna dan membuka kembali lockdown akan berjalan baik. Keduanya sama-sama dipenuhi banyak bahaya,” ucap Ryan.

Lebih dari separuh populasi dunia berada di bawah lockdown sejak koronavirus ini muncul. Namun WHO memperingatkan bahwa tidak ada jaminan bahwa melonggarkan pembatasan tidak akan memicu datangnya gelombang kedua virus Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here