Wisma Atlet Siapkan 3 Tower Tambahan untuk RS Darurat Corona

0
19
RS Darurat Corona
Wisma Atlet Siapkan 3 Tower Tambahan untuk RS Darurat Corona

elahan.com, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempersiapkan tiga tower tambahan sebagai RS Darurat Corona di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. Tower tersebut digunakan sebagai penanganan pasien virus corona (Covid-19) di Indonesia.

“Kami akan kembali mempersiapan dan merenovasi tiga tower tambahan yakni tower 2, 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam pernyataan tertulis, Kamis (9/4/2020).

Khalawi menjelaskan, pada pembangunan RS Darurat Corona tahap dua ini rencananya akan ada sejumlah persiapan yang akan dilakukan. Hal itu dilakukan guna menambah daya tampung pasien virus corona dan menyediakan hunian yang layak bagi tim paramedis seperti para dokter dan perawat yang bertugas selama 24 jam di RS Darurat Covid-19 tersebut.

Adapun peruntukkan tower 2 nantinya akan dihuni para dokter dan tim medis. Tower 2 tersebut memiliki kapasitas 886 unit dan mampu menampung sebanyam 2.458 orang tim paramedis. Selain hunian untuk tim paramedis, Kementerian PUPR akan menambah ruang rawat inap bagi pasien Covid-19 di tower 4 dan 5.

Lebih lanjut, Khalawi menerangkan, di tower 4 dan 5 akan diperuntukkan sebagai ruang rawat inap pasien. Masing-masing tower memiliki kapasitas 886 unit dan mampu menampung 2.458 pasien.

“Kami memperkirakan pekerjaan persiapan tambahan tiga tower untuk RS Darurat Covid-19 ini akan selesai pada pekan depan yakni sekitar hari Sabtu tanggal 18 April 2020 mendatang,” kata Khalawi.

Kementerian PUPR juga akan melakukan sejumlah perubahan fungsi bangunan di Wisma Atlet Kemayoran yakni peningkatan fungsi tower 6 sebagai Ruang Rawat Inap menjadi Rumah Sakit. Pada tower 6 di lantai 1 akan dibangun Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), lantai 2 juga akan dibangun euang ICU dan lantai 3 sebagai ruang pemulihan. Berdasarkan perencanaan yang ada di RS Darurat Corona, maka 24 lantai lainnya di tower 6 akan digunakan sebagai ruang isolasi pasien. Pada tahap ini menjadi poin yang sangat penting karena harus sangat diperhatikan dalam pembangunannya dan menghasilkan ruangan dengan tekanan negatif atau negative pressure.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here